Selasa, 04 Desember 2012

BAHAN AJAR IPA KELAS XII,BAB 3



KESEIMBANGAN LINGKUNGAN

SK: 3. Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga                            keseimbangan lingkungan dan AMDAL
KD: 3.2 Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan

A.      KESEIMBANGAN  LINGKUNGAN
Lingkungan  merupakan segala  yang mengelilingi suatu organisme dan mempengaruhi cara hidup organisme tersebut.
Keseimbangan lingkungan  dapat diartikan sebagai kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam maupun dari aktivitas manusia,serta kemampuan lingkungan dalam menjaga kestabilan kehidupan di dalamnya.Keseimbangan lingkungan dapat tercapai ketika interaksi antara organisme dan faktor lingkungan dan interaksi antar komponen dalam suatu lingkungan dapat berjalan dengan proporsional.
Daya dukung lingkungan  merupakan kemampuan lingkungan untuk mendukung kelangsungan hidup makhluk hidup didalamnya.Lingkungan juga mampu untuk mengembalikan kondisi lingkungan ke keadaan seimbang ketika lingkungan  mendapat gangguan atau kerusakan sampai batas tertentu yang disebut dengan daya lenting lingkungan
1.       Interaksi Antarkomponen Ekosistem dalam Menjaga Keseimbangan Lingkungan
Pada lingkungan yang seimbang akan terbentuk suatu ekosistem yang stabil.Seperti lingkungan, ekosistem merupakan suatu system yang dinamis. Aktivitas dan interaksi antar komponen ekosistem memungkinkan proses kehidupan terus berlangsung dan berkesinambungan.
Interaksi antarkomponen biotik dalam menjaga keseimbangan lingkungan dapat kita lihat pada peristiwa rantai makanan dan jaring-jaring makanan.Adanya  interaksi yang saling membutuhkan antar komponen biotik di rantai makanan dan jaring-jaring makanan ,menyebabkan tidak aka nada satupun komponen biotik yang populasinya akan bertambah terlalu cepat atau menurun drastis. 
Interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik ,keseimbangan lingkungan akan etrcipta bila interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik berjalan dengan sesuai dan berkesinambungan.Faktor-faktor lingkungan dapat menjadi faktor penentu penyebaran organisme di muka bumi.Setiap jenis organisme memiliki kisaran toleransi tertentu terhadap berbagai faktor lingkungan.Akibatnya,ada jenis organisme tertentu yang hanya mampu menempati lingkungan dengan kondisi tertentu pula. Apabila faktor lingkungan mrngalami fluktuasi yang demikian drastis, populasi organisme yang ada pada lingkungan tersebutpun akan terpengaruh.
1.       Suksesi
Adalah perubahan komposisi spesies dalam suatu komunitas biologi akibat adanya gangguan pada komunitas tersebut
Di alam terdapat dua macam suksesi,yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder
a.       Suksesi primer
Adalah proses perubahan komposisi komunitas yang terjadi pada suatu kawasan yang pada mulanya hampir tidak ada kehidupan
Contoh, pulau vulkanis baru seperti anak krakatau,area yang semula tertutup lapisan es Pada proses suksesi primer, tidak banyak organisme berperan.Umumnya hanya organisme yang memiliki tingkat toleransi yang tinggi dan luas saja yang mampu tumbuh dan berkembang pada area tersebut seperti lumut dan lichenes Organisme yang mampu tumbuh pertama kali dan kemudian membentuk suatu ekosistem dinamakan organisme pionir atau spesies pionir



















      b.       Suksesi sekunder
Suksesi sekunder terjadi pada area yang mulanya ada kehidupan tetapi kemudian mengalami gangguan yang menyebabkan hilangnya komunitas yang ada di area tersebut dan hanya meninggalkan tanah yang tetap utuh .Pada umumnya area yang mengalami gangguan dapat kembali pulih seperti keadaan semula , contoh, hutan yang mengalami penebangan,yang akan bisa pulih kembali jika tidak diganggu lagi


 
c.       Komunitas klimakAdalah komunitas yang dihasilkan dari proses suksesi,bersifat stabil dan memiliki tingkat keseimbangan lingkungan yang tinggi dan umumnya didominasi oleh organisme yang memiliki umur panjang seperti pohon-pohon besar




Tugas
1.       Apa yang dimaksud dengan keseimbangan lingkungan?
2.       Jelaskan bagaimana interaksi antar komponen biotik dapat menjaga keseimbangan lingkungan
3.       Apa yang di maksud dengan suksesi?tulis macam-macamnya
4.       Apa yang menyebabkan terjadinya suksesi di suatu ekosistem?
5.       Apa yang akan terjadi pada sungai yang tercemar bila tidak terjadi pencemaran lagi?



 Dampak eksploitasi berlebihan terhadap ekosistem
Dibandingkan dengan komponen biotik lainnya, manusia merupakanjenis organisme yang memiliki pengaruh yang kuat di bumi ini. Dengan kemampuannya untuk mengembangkan ilmu dan teknologi, manusia memiliki pengaruh besar dalam memanipulasi ekosistem. Kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan dan mengubah lingkungan sesuai dengan yang diinginkannya, menyebabkan populasi manusia meningkat dengan cepat.
Meningkatnya populasi manusia, juga meningkatkan ancaman terhadap keseimbangan lingkungan. Sikap manusia yang cenderung merusak lingkungan, seperti membakar hutan, memberantas hama dengan bahan kimia, mengubah berbagai ekosistem alami menjadi ekosistem buatan, memberikan dampak negatif pada ekosistem. Berikut ini akan dijelaskan berbagai dampak negatif terhadap ekosistem akibat eksploitasi berlebihan oleh manusia.
1. Fragmentasi dan Degradasi Habitat
Meningkatnya populasi penduduk dunia menyebabkan semakin banyak lahan yang dibutuhkan untuk mendukung kesejahteraan manusia, seperti lahan untuk pertanian, tempat tinggal, industri, dan lain sebagainya. Penggunaan lahan yang tidak memperhatikan efek ekologis dapat menyebabkan rusaknya atau berkurangnya habitat alami bagi organisme di lahan tersebut. Fragmentasi habitat misalnya terjadi pada hutan yang ditebangi atau dirambah, sehingga menyisakan kawasan hutan yang kecil. Selain itu, pembangunan jalan melintasi hutan juga menyebabkan terjadinya fragmentasi habitat pada kawasan hutan. Hutan yang ditebang atau dirambah memberikan dampak antara lain perubahan pada struktur komunitas hutan dan kematian pohon yang berada di pinggiran hutan akibat tingginya paparan angin dan cahaya matahari. Pembukaan jalan melintasi hutan juga memberikan dampak negatif, seperti polusi suara (kebisingan akibat kendaraan), dan kemungkinan penggunaan lahan di pinggiran jalan untuk berbagai kebutuhan manusia, seperti pembangunan rumah, kawasan industri, dan area komersil.
Fragmentasi dan degradasi habitat menyebabkan munculnya masalah lain seperti kematian organisme karena hilangnya sumber makanan dan tempat tinggal dan menurunnya keanekaragaman spesies pada habitat tersebut.

2. Terganggunya Aliran Energi di Dalam Ekosistem
Ekosistem alami yang dirusak dan diubah menjadi ekosistem buatan dapat menyebabkan terjadinya perubahan aliran energi dalam ekosistem tersebut. Contohnya, ketika proses penebangan atau pembakaran hutan selesai, maka kawasan hutan kemudian ditanami dengan satu jenis tumbuhan (sistem monokultur). Hal tersebut menyebabkan aliran energi yang semula bersifat kompleks, yaitu antara berbagai jenis produsen (pohon-pohon besar dan kecil), konsumen (berbagai macam hewan), detritivora (jamur, bakteri, dan sebagainya), menjadi aliran energi yang lebih sederhana, yaitu satu jenis produsen (contohnya padi), beberapa konsumen, dan detrititivor

3. Resistensi Beberapa Spesies Merugikan
Penggunaan pestisida dan antibiotik secara berlebihan untuk membunuh populasi organisme yang merugikan (hama atau patogen) dapat menyebabkan munculnya populasi organisme yang kebal terhadap pestisida dan antibiotik tersebut. Aplikasi pestisida yang berlebihan dapat menyebabkan terbentuknya populasi hama yang kebal terhadap pestisida tersebut. Hama yang tidak atau kurang sensitif (kebal) terhadap pestisida jenis tertentu dapat bertahan dari penggunaan pestisida tersebut. Pada akhirnya, populasi hama yang bertahan hidup dan mampu berkembang biak merupakan hama yang kebal (resisten) terhadap pestisida jenis tersebut.
Demikian juga adanya jika antibiotik digunakan secara berlebihan, yaitu dalam dosis yang terlalu tinggi atau frekuensi yang terlalu sering. Populasi spesies patogen yang dapat bertahan dari dosis antibiotik tersebut akan berkembang biak menghasilkan populasi spesies patogen yang kebal. Sehingga penggunaan antibiotik dalam dosis yang sama sudah tidak membunuh populasi spesies patogen yang terbentuk.

4. Hilangnya Spesies Penting di Dalam Ekosistem
Setiap organisme memiliki peran penting di dalam suatu ekosistem. Hilangnya satu organisme dapat memberikan dampak yang cukup besar di dalam ekosistem. Contohnya, di dalam ekosistem sawah, hilangnya keberadaan predator seperti burung, ular, dan sebagainya dapat meningkatkan populasi organisme lain, misalnya tikus yang memakan padi. Akibatnya, populasi padi akan menurun dan hasil panen akan berkurang.

5. Introduksi Spesies Asing
Introduksi atau masuknya spesies dari satu ekosistem ke dalam ekosistem lainnya biasanya bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan manusia. Contohnya,introduksi tanaman gandum, singkong, dan beberapa tanaman pertanian lainnya. Namun, introduksi spesies asing juga dapat merugikan, karena terkadang di dalam ekosistem yang baru, spesies tersebut tidak memiliki predator alami. Meledaknya populasi tanaman eceng gondok yang menjadi gulma bagi perairan di sekitar kita, merupakan contoh introduksi spesies yang merugikan akibat tidak adanya predator alami. Serangga Neochetine eichhorniae yang merupakan predator tanaman eceng gondok dan dapat mengendalikan populasi eceng gondok di perairan tidak hidup di Indonesia.

6. Berkurangnya Sumber Daya Alam Terbaharui
Kayu, tanduk, gading, dan sebagainya merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam tersebut digolongkan ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena berasal dari organisme yang dapat berkembang biak. Walaupun memiliki sifat dapat diperbaharui, penggunaan dan eksploitasi secara berlebihan dapat menurunkan jumlah dan kualitas sumber daya alam tersebut. Contohnya, penebangan pohon secara liar menyebabkan kayu berkualitas balk semakin berkurang. Semakin sedikitnya jumlah pohon berkualitas balk menyebabkan pohon-pohon yang kualitasnya kurang balk dan umurnya belum cukup untuk ditebang juga ikut tereksploitasi. Hal tersebut menyebabkan kualitas kayu dan tingkat regenerasi semakin menurun.
                                                                                                                                                        
7. Terganggunya Daur Materi di Dalam Ekosistem
Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, tingkat aktivitas manusia juga akan ikut meningkat. Meningkatnya aktivitas manusia di dunia bepengaruh terhadap daur biogeokimia. Sebagai contoh, daur karbon yang terganggu akibat semakin banyaknya penggunaan bahan bakar. Melimpahnya senyawa CO, yang dihasilkan dari proses pembakaran dapat memberikan efek buruk, salah satunya adalah pemanasan global.

Kaji Ulang
1.      Mengapa manusia dikatakan sebagai komponen biotik yang memiliki  pengaruh ekologi yang kuat di bumi ini?
2.            Jelaskan sifat sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan berikan contohnya.
3.              Apa yang akan terjadi jika salah satu spesies dalam ekosistem punah?
4.   Jelaskan dampak yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan pestisida jenis tertentu secara bertebihan di lahan pertanian.

C. EKSPLOITASI BERLEBIHAN PADA EKOSISTEM DARAT DAN AKUATIK
1. Ekosistem Darat
Ekosistem darat mencakup seluruh bioma yang terdapat di daratan. Bioma yang ada di seluruh belahan bumi, yaitu hutan, padang rumput, taiga, tundra, gurun, dan sebagainya. Eksploitasi berlebihan pada ekosistem darat sebagian besar terjadi pada ekosistem hutan. Ekosistem hutan, khususnya ekosistem hutan hujan tropis memiliki keanekaragaman organisme yang tinggi. Di dalamnya, terdapat berbagai macam organisme yang masing-masing memiliki peran penting bagi keseimbangan ekosistem. Selain itu, di dalam ekositem hutan terdapat berbagai macam potensi yang bermanfaat bagi kesejahteraan manusia, contohnya beberapa tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan terdapat di dalam hutan. Salah satu peran penting keberadaan hutan bagi organisme di bumi, yaitu keberadaan pohon-pohon dan tumbuhan lain yang dapat menyediakan gas oksigen bagi organisme di dunia. Sejalan dengan banyaknya manfaat yang dihasilkan dari ekosistem hutan, maka semakin banyak juga manusia yang menggunakan sumber daya hutan untuk kesejahteraan hidupnya. Penggunaan atau pemanfaatan sumber daya hutan yang berlebihan sehingga menimbulkan dampak negatif bagi ekosistem tersebut dinamakan over eksploitasi hutan.
Saat ini, semakin banyak manusia yang memanfaatkan sumber daya hutan secara berlebihan dan tidak memperhatikan keseimbangan ekosistem. Penebangan hutan secara acak dalam jumlah besar untuk industri furnitur atau industri kertas, dan pembakaran hutan untuk area persawahan secara terus‑menerus menyebabkan dampak negatif bagi keseimbangan Iingkungan baik secara regional maupun global.
Hutan, terutama hutan hujan tropis, merupakan pengkonsumsi karbon dioksida terbesar karena vegetasinya membutuhkan karbon dioksida untuk melakukan fotosintesis. Ketika banyak wilayah hutan hilang, ditambah dengan tingginya buangan gas karbon dioksida dari berbagai aktivitas manusia, maka gas karbon dioksida akan terakumulasi di atmosfer. Adanya karbon dioksida dalam jumlah berlebih di atmosfer dapat menimbulkan terjadinya kenaikan suhu udara secara global sehingga dapat mengubah pola iklim bumi. Salah satu efek dari peningkatan suhu global adalah mencairnya es di kutub. Bila es mencair, maka permukaan air laut akan naik yang dapat memengaruhi keseimbangan ekologis di seluruh bumi.
Kebakaran hutan dan penebangan pohon secara dalam jumlah besar menyebabkan hilangnya habitat makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Akibatnya banyak organisme yang mati karena tidak adanya tempat untuk bereproduksi dan hilangnya sumber makanan. Dampak lain yang dapat ditimbulkan dari eksploitasi ekosistem hutan secara berlebihan adalah hilangnya daerah resapan air. Hutan merupakan daerah resapan air hujan yang paling besar karena akar pohon-pohon dan tumbuhan hutan lainnya mampu menyerap dan menyimpan air. Hilangnya populasi tumbuhan di hutan dan daratan lainnya menyebabkan air hujan yang jatuh ke tanah tidak terserap, tetapi ikut terbawa bersama tanah menuju perairan atau disebut dengan peristiwa erosi. Sebagai akibatnya, tanah menjadi tandus dan kering.

2. Ekosistem Akuatik
Tidak hanya ekosistem darat yang dapat mengalami eksploitasi berlebihan. Ekosistem akuatik seperti laut, sungai, danau, dan perairan lainnya dapat mengalami hal yang serupa. Eksploitasi sumber daya akuatik dapat berupa penangkapan organisme laut secara berlebihan. Penangkapan organisme laut, seperti ikan konsumsi maupun ikan hias, dan pengambilan terumbu karang dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan lingkungan di ekosistem laut.
Organisme yang beragam hidup di terumbu karang. Namun, terumbu karang demikian rapuh terhadap kerusakan karena pertumbuhannya lambat, mudah terganggu, dan hanya hidup pada perairan yang dangkal, hangat, dan bersih.
Terumbu karang hanya dapat hidup pada perairan dengan suhu 18 — 30°C. Kenaikan suhu sebesar 1°C dari batas maksimum dapat menyebabkan kerusakan terumbu karang. Rusaknya terumbu karang akan menyebabkan hilangnya tempat tinggal bagi organisme yang ada pada ekosistem terumbu karang.
Ancaman lain yang dapat mengganggu ekosistem perairan adalah penggunaan ekosistem perairan sebagai daerah wisata. Penetapan daerah wisata perairan dapat dikatakan sebagai eksploitasi karena apabila daerah wisata tersebut tidak dikelola dengan balk maka akan mengganggu keberadaan organisme yang ada di ekosistem tersebut. Sebagai contoh, daerah wisata pantai di Bali atau wilayah Jakarta bagian utara yang ekosistem alaminya telah terganggu oleh aktivitas manusia yang berlebihan. Kedua pantai tersebut telah tercemar oleh sampah yang dibuang pengunjung tempat wisata tersebut.

Kaji Ulang
1.      Sebutkan manfaat dan potensi hutan yang kamu ketahui.
2.      Mengapa keberadaan hutan dapat memengaruhi suhu global?
3.  Perhatikanlah lingkungan sekitarmu. Apakah ada eksploitasi berlebihan terhadap ekosistem akuatik tertentu? Jelaskanlah dampak eksploitasi tersebut.


D. UPAYA MENJAGA KESEIMBANGAN LINGKUNGAN
Berbagai upaya untuk menjaga keseimbangan lingkungan dapat dilakukan dimulai dari lingkungan sekitarmu. Menjaga kelestarian sumber daya alam terbaharui dapat dimulai dari rumahmu. Hematlah kertas dengan mengurangi penggunaannya dan mendaur ulangnya. Penggunaan bahan-bahan kimia dalam rumah tangga juga harus dikurangi karena dapat mencemari lingkungan. Contohnya, penggunaan deterjen yang berlebihan dapat mengganggu aliran energi di dalam ekosistem perairan, seperti sungai atau danau, karena memicu ledakan populasi ganggang. Kamu juga dapat berperan serta dalam menjaga daur air di bumi ini dengan tidak memboroskannya dan membangun daerah resapan air di halaman rumahmu.
Upaya menjaga keseimbangan lingkungan merupakan upaya kolektif dan melibatkan masyarakat luas. Masalah pencemaran dan penanggulangan sampah misalnya, merupakan masalah bersama karena akibatnya dirasakan oleh masyarakat banyak. Apakah kamu mengetahui bagaimana upaya penanggulangan sampah yang baik? Upaya penanggulangan sampah yang baik melibatkan kesadaran masyarakat secara kolektif untuk mengurangi produksi sampah, memisahkan sampah, dan mendaur ulangnya. Upaya kolektif yang bisa dilakukan untuk menjaga keseimbangan lingkungan antara lain menghemat penggunaan bahan bakar, menghentikan jual-beli berbagai spesies hewan langka, tidak membakar hutan untuk membuka lahan, menerapkan sistem bercocok tanam yang memperhatikan lingkungan, dan lain sebagainya.
Salah satu upaya menerapkan sistem bercocok tanam yang memperhatikan aspek lingkungan adalah dengan mengendalikan hama secara alami dengan metode biologics control, yaitu menggunakan musuh alami dari hama. Pestisida pun masih bisa digunakan untuk membasmi hama, namun pengunannya harus secara bijaksana dengan mempertimbangkan komposisi bahan kimia pestisida, waktu dan rentang waktu penggunaannya, serta dosis yang digunal Upaya ini untuk mencegah munculnya populasi hama yang resisten. Pestisida yang digunakan juga sebaiknya yang spesifik terhadap hama target sehingga tidak membunuh organisme yang bukan hama. Pilihlah pestisida dengan komposisi bahan kimia yang ramah lingkungan dan dapat terurai di alam.
Semakin bertambahnya populasi penduduk dunia menyebabkan pembangunan demikian pesatnya. Namun, pembangunan juga harus memperhatikan aspek lingkungan Pembangunan jalan yang membelah hutan misalnya, harus memperhatikan konsekuensi Iebih lanjut terhadap kemungkinan kerusakan lingkungan. Analisis mengenai dampak negatif pembangunan terhadap lingkungan perlu dilakukan sebelum rencana pembangunan dijalankan. lni merupakan upaya untuk menjaga keseimbangan lingkungan dengan mencari solusi terbaik.
Upaya untuk mencegah masuknya spesies asing ke dalam negeri ini dapat dilakukan dengan pengawasan yang ketat pemerintah terhadap berbagai produk impor. Buah-buahan yang diimpor misalnya, dapat saja mengandung telur hama yang sebelumnya tidak ada di Indonesia. Hama ini kemudian berkembang biak dan merusak pertanian di Indonesia. Tentu saja proses pengawasan bisa berjalan baik bila disertai dengan penegakan hukum yang tegas dan adil.
Penegakan hukum yang tegas dan adil juga perlu dilakukan terhadap perambah dan penebang hutan liar. Menjaga kelestarian hutan adalah hal penting yang perlu dilakukan. Upaya pelestarian hutan dapat dilakukan dengan reboisasi, tidak melakukan penebangan hutan secara acak, dan menghentikan penebangan hutan secara liar (ilegal logging). Selain pepohonan yang ada di hutan, berbagai spesies hewan yang ada di hutan juga harus dijaga kelestariannya. Upaya menjaga kelestarian spesies hewan di hutan dapat dilakukan dengan mencegah perburuan hewan, tidak membakar hutan untuk membuka lahan, dan tidak mengusik habitat alami hewan tersebut.

Kaji Ulang
1.      Tindakan apa saja yang dapat kamu takukan untuk menjaga lingkungan?
2.      Mengapa upaya menjaga tingkungan memertukan kesadaran kotektif?
3. Jelaskanlah bagaimana peran serta pemerintah datam menjaga keseimbangan lingkungan.
   




Tidak ada komentar: